• gambar
  • PPDB 2021-2022

Selamat Datang di Website Resmi MTs Miftahul khoirot ~ Silahkan Daftarkan Putra-putri anda ke MTs Miftahul Khoirot via online ~ caranya klik Formulir PPDB yang ada di Menu Website ini kemudian isi sesuai petunjuk yang ada di formulir ~ Terimakasih atas kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MTs MIFTAHUL KHOIROT

NPSN : 69955950

Jl.Singaparbangsa Krajan Barat Desa Manggungjaya Kec.Cilamaya Kulon Kab.Karawang


info@mtsmifkhor.sch.id / 121232150058@madrasah.id

TLP : +18572262742


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 82280
Pengunjung : 43926
Hari ini : 5
Hits hari ini : 16
Member Online : 3
IP : 44.192.26.60
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Cegah Pikun dengan Al-Qur'an




mtsmifkhor.sch.id - Kementrian Kesehatan kembali menekankan pentingnya langkah promotif dan preventif sebagai upaya pencegahan penyakit menular maupun penyakit tidak menular yang ada di Indonesia. Pencegahan yang dimulai dari tingkat individu dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik, dinilai dapat membantu menurunkan jumlah insidensi penyakit yang ada. Pada artikel ini, akan dibahas salah satu penyakit tidak menular yang memiliki angka kejadian yang cukup tinggi di Indonesia, yaitu penyakit Alzheimer.

 

Data pada tahun 2015 menunjukkan bahwa terdapat 46 juta penduduk diseluruh dunia yang menderita Alzheimer dan diperkirakan akan terus meningkat jumlahnya hingga mencapai 131,5 juta jiwa pada tahun 2050. Dari 46 juta penduduk dunia yang menderita Alzheimer, sekitar 22,9 juta jiwanya merupakan penduduk Asia.

 

Peningkatan jumlah penderita Alzheimer setiap tahunnya, dikarenakan adanya peningkatan angka harapan hidup. Berdasarkan data BAPPENAS pada tahun 2013, menunjukkan peningkatan angka harapan hidup masyarakat Indonesia, dan diperkirakan akan terus meningkat dari 70,1 tahun pada tahun 2010-2025 menjadi 72,2 tahun pada tahun 2030-2035. Dengan perkiraan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya dan mencapai angka 305,8 juta jiwa pada tahun 2035 dan penduduk dengan usia lanjut berjumlah sekitar 10,8% dari total penduduk atau sekitar 33 juta jiwa. Namun sayangnya, belum ada data pasti yang menyebutkan jumlah penderita Alzheimer di Indonesia.

 

Kerugian yang ditimbulkan dari penyakit Alzheimer ini sangat beragam, diantaranya menurunnya produktivitas seseorang, kebutuhan konsumsi obat seumur hidup dan perlunya pendamping yang selalu mengawasi pasien Alzheimer agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengurus pasien-pasien Alzheimer ini. Kerugian biaya pun tidak hanya dirasakan oleh keluarga, namun juga negara.

 

Sebenernya apa sih penyakit Alzheimer ini? Apa bedanya dengan demensia? Demensia atau yang biasa disebut pikun, merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai penyakit atau kondisi yang berkembang ketika sel-sel saraf di otak mati atau tidak lagi berfungsi secara normal sehingga menyebabkan perubahan pada memori, perilaku maupun kemampuan berpikir seseorang.

 

Demensia dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti genetik (keturunan), kelainan pada pembuluh darah, paparan zat yang bersifat toksik, tumor, infeksi, dan masih banyak lagi. Namun, 70-80% kondisi demensia ini disebabkan oleh penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer ini lebih sering terjadi pada orang tua, disebutkan dalam beberapa penelitian, hal ini disebabkan adanya perubahan secara anatomis maupun fisiologis tubuh manusia termasuk terjadinya atrofi (penyusutan) bagian-bagian tertentu otak, inflamasi (peradangan), produksi molekul-molekul yang tidak stabil, atau biasa disebut radikal bebas dan disfungsi mitokondria, yang menyebabkan penurunan produksi energi di dalam sel.

 

Terdapat 10 tanda utama yang biasa digunakan sebagai deteksi dini penyakit Alzheimer, yaitu: gangguan daya ingat yang mengganggu kehidupan sehari-hari; kesulitan merencanakan dan mengambil keputusan; sulit melakukan pekerjaan sehari-hari yang biasa dilakukan baik di rumah, tempat kerja, atau pada waktu luang; bingung/disorientasi dengan waktu atau tempat; kesulitan memahami gambar visual dan spasial; permasalahan dengan kata, baik itu berbicara maupun menulis (sulit berkomunikasi); tidak meletakkan barang pada tempatnya; salah membuat keputusan; menarik diri dari pekerjaan dan aktivitas sosial; dan adanya perubahan mood dan kepribadian.

 

Semakin dini penyakit Alzheimer dapat dideteksi dan semakin cepat pemberian pengobatan, akan semakin baik, karena perkembangan penyakit ini dapat diperlambat. Penyakit Alzheimer termasuk penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun masih dapat dicegah dan diperlambat progresivitasnya dengan pemberian treatment yang tepat. Di Amerika Serikat, penyakit Alzheimer merupakan enam besar penyakit penyebab kematian tertinggi dan termasuk lima besar penyebab kematian pada penduduk usia 65 tahun ke atas. Sehingga sangat penting melakukan pencegahan atau setidaknya mengurangi progresivitas penyakit ini.

 

Alzheimer dalam Islam merupakan simbol kebesaran Allah, menunjukkan bahwa manusia memiliki begitu banyak kekurangan dan kelemahan dan tidak dapat dibandingkan dengan Allah, yang Maha Mengetahui segala sesuatu dan Maha Kuasa. Seperti firman Allah dalam Qur’an Surat An Nahl/16:70 “Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” Kata Ardhal yang digunakan dalam ayat tersebut bermakna kelemahan yang tidak dapat kembali, berupa melemahnya indra, serta kemampuan berbicara dan berpikir yang dialami orang yang sudah tua.

 

Di ayat yang lain, Qur’an Surat Yasin/36:68 Allah berfirman “Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadian(nya) Maka apakah mereka tidak memikirkan?”. Yang dimaksud dengan kembali kepada kejadiannya, adalah kembali menjadi lemah dan kurang akal. Sebagaimana gejala dari Alzheimer sendiri adalah hilangnya memori dan berkurangnya kemampuan kognitif secara bertahap, hingga menjadi tidak tahu apa-apa setelah dulunya mengetahui banyak hal. Hal ini berbeda dengan kondisi saat orang lupa sesuatu tapi akan mengingatnya kembali, pasien Alzheimer sangatlah jarang mengingat apa yang telah dilupakan.Tidak hanya lupa, pasien Alzheimer hampir tidak bisa lagi melakukan kegiatan sehari-hari yang dulu mudah dilakukan. Maka disebutkan di ayat tersebut kembali ke kejadiannya, seperti bayi yang tidak bisa melakukan apa-apa.

 

Beberapa cara-cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena Alzheimer yaitu menjaga kesehatan jantung; bergerak dan berolahraga produktif; mengkonsumsi sayur dan buah (gizi seimbang); menstimulasi otak, fisik, mental, dan spiritual; bersosialisasi dan beraktivitas positif. Dalam beberapa penelitian disebutkan pula pelatihan kognitif dapat membantu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer, seperti pemahaman atau pembiasaan penggunaan lebih dari satu bahasa atau penggunaan otak untuk proses pembelajaran lainnya. Dari penelitian ini, dapat dilihat bahwa orang yang lebih sering belajar dan mengasah kemampuan kognitifnya dan aktif menggunakan lebih dari satu bahasa mampu menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

 

Jika ada penelitian yang membuktikan penguasaan banyak bahasa dapat mengurangi resiko penyakit yang terkait dengan ingatan tersebut, maka menghafalkan Al Qur’an juga dapat dijadikan salah satu treatment dan pencegahan yang sangat baik bagi umat muslim. Menghafalkan Al Qur’an mampu meningkatkan kapasitas otak utuk berpikir dan memori. Ketika mempelajari Al Qur’an dengan membaca, mendengarkan, dan mengucapkannya, sebuah area di lobus temporal otak yang merupakan pusat konsolidasi memori akan terstimulasi, dan semakin sering area ini teraktivasi, maka kemampuan berpikir dan memori otak akan menjadi lebih baik dan efisien.

 

Neuron-neuron yang ada dalam tubuh kita dihubungkan oleh sinaps yang memiliki kemampuan beradaptasi bergantung seberapa sering mereka digunakan. Sinyal yang diberikan akan semakin kuat jika kita mengirimkannya sesering mungkin. Misalkan ketika membaca Al Qur’an saja, akan ada jejak memori atau pola yang ditinggalkan. Otak kita menyimpan informasi sensoris hanya untuk beberapa detik, kemudian data itu akan masuk ke short term memory. Sedangkan proses menghafalkan dan memperlancarnya termasuk dalam working memory. Lalu, dengan semakin sering kita muraja’ah hafalan, memori itu akan semakin kuat dan mudah diingat kembali hingga akhirnya masuk ke long term memory.

 

Berdasarkan penelitian seorang neuroscientist muslim, menghafal Al Qur’an juga melibatkan berbagai bagian otak dan menghubungkannya. Tidak hanya pusat memori hippocampus di lobus temporal, tapi juga lobus parietal kiri yang berperan dalam proses membaca dan menulis, lobus parietal kanan yang berperan dalam berbicara, dalam hal ini melafalkan huruf dan kata dalam Al Qur’an sesuai tajwid dan menggunakan nada yang enak didengar. Sedangkan bagian depan dan belakang lobus parietal memilliki peran dalam fokus dan kemampuan belajar. Stimulasi secara umum ke lobus parietal mampu meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir dan belajar berbagai hal. Lobus frontal otak berperan dalam working memory, memanggil kembali memori, perencanaan, bahkan juga berpengaruh ke perilaku sosial juga teraktivasi saat mempelajari Al Qur’an. Jadi, secara keseluruhan menghafal Al Qur’an dapat meningkatkan kecerdasan seseorang, baik dalam kecerdasan akademik, emosional, dan juga spiritual.

 

Allah berfirman dalam Qur’an Surat Al-Isra/17:82 yang artinya “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman..” Allah tidak menurunkan suatu penyakit kecuali juga menurunkan penawar atau obatnya. Al Qur’an merupakan salah satu obat yang paling mujarab yang disediakan Allah bagi manusia. Al Qur’an merupakan kalam Allah yang menghubungkan seorang hamba dengan Rabbnya. Tidak hanya untuk Alzheimer, terkadang beberapa penyakit yang dikira tidak dapat sembuh dengan kuasaNya dapat sembuh jika kita memiliki keyakinan akan itu.

 

Maha benar Allah yang berfirman dalam Qur’an surat Al Hijr:9, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan Kami benar-benar memeliharanya” . Sungguh semua kemudahan yang diberikan Allah untuk menghafal dan memahami Al Qur’an adalah suatu bukti terjaganya Al-Qur’an di dada umat muslim, tidak akan ada yang dapat mengubahnya, sebagaimana dinyatakan dalam Qur’an Surat Al Ankabut:49, “Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” 

 

(Ichlasul Amalia-KMNU Fakultas Kedokteran UGM)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : itruhigu -  [ecoxais@odadu.fodiscomail.com]  Tanggal : 29/09/2022
http://slkjfdf.net/ - Oxawaqa <a href="http://slkjfdf.net/">Ubixdij</a> khc.gsxm.mtsmifkhor.sch.id.xyq.zh http://slkjfdf.net/

Pengirim : ikazeriyog -  [umiqejiko@odadu.fodiscomail.com]  Tanggal : 29/09/2022
http://slkjfdf.net/ - Eqeewun <a href="http://slkjfdf.net/">Olkejo</a> wqb.winx.mtsmifkhor.sch.id.sqa.uf http://slkjfdf.net/

Pengirim : igeluahxozoya -  [ocgiswu@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/07/2022
http://slkjfdf.net/ - Upoxitae <a href="http://slkjfdf.net/">Apaxavo</a> kpe.zaqf.mtsmifkhor.sch.id.def.sk http://slkjfdf.net/

Pengirim : iofovtamemul -  [agibuzy@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/07/2022
http://slkjfdf.net/ - Ukaibwad <a href="http://slkjfdf.net/">Qocioza</a> tmo.qwlz.mtsmifkhor.sch.id.bhh.xj http://slkjfdf.net/

Pengirim : oxirovaka -  [eyoxiui@iupes.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/07/2022
http://slkjfdf.net/ - Ujeriju <a href="http://slkjfdf.net/">Hapoyugut</a> hxy.iqtf.mtsmifkhor.sch.id.adl.vo http://slkjfdf.net/

Pengirim : akoggeksexibu -  [ididay@iupes.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/07/2022
http://slkjfdf.net/ - Iregoax <a href="http://slkjfdf.net/">Eneroni</a> bow.isgv.mtsmifkhor.sch.id.trp.rj http://slkjfdf.net/

Pengirim : ufocove -  [acukafiq@omofu.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/07/2022
http://slkjfdf.net/ - Imicsogah <a href="http://slkjfdf.net/">Iadosasi</a> sri.udnd.mtsmifkhor.sch.id.cxb.qn http://slkjfdf.net/

Pengirim : apolorkevavo -  [onodix@omofu.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/07/2022
http://slkjfdf.net/ - Uyesiq <a href="http://slkjfdf.net/">Auyihasa</a> dsb.zzzw.mtsmifkhor.sch.id.lrl.rv http://slkjfdf.net/

Pengirim : iacivuojasu -  [esitubik@omofu.fodiscomail.com]  Tanggal : 19/07/2022
http://slkjfdf.net/ - Awaziraj <a href="http://slkjfdf.net/">Vetequ</a> zgu.jhvs.mtsmifkhor.sch.id.guz.mx http://slkjfdf.net/

Pengirim : ohaatuoy -  [ecapofoti@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 19/05/2022
http://slkjfdf.net/ - Uufecaxok <a href="http://slkjfdf.net/">Eulexi</a> loh.xybh.mtsmifkhor.sch.id.esz.sy http://slkjfdf.net/

Pengirim : ugusaso -  [diurevri@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 19/05/2022
http://slkjfdf.net/ - Uvvorumo <a href="http://slkjfdf.net/">Awagzao</a> vyh.mtjp.mtsmifkhor.sch.id.ola.cf http://slkjfdf.net/

Pengirim : eorumekaden -  [oxavvv@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 19/05/2022
http://slkjfdf.net/ - Omihulom <a href="http://slkjfdf.net/">Apixafej</a> vra.hpkk.mtsmifkhor.sch.id.ykw.yv http://slkjfdf.net/

Pengirim : awkjuborarot -  [oxacise@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 01/05/2022
http://slkjfdf.net/ - Ibodeufuz <a href="http://slkjfdf.net/">Uuwibotc</a> enh.goee.mtsmifkhor.sch.id.dgq.bv http://slkjfdf.net/

Pengirim : iriepeyab -  [usbewezbo@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 01/05/2022
http://slkjfdf.net/ - Aduatax <a href="http://slkjfdf.net/">Equdid</a> icp.yuyl.mtsmifkhor.sch.id.erz.ml http://slkjfdf.net/

Pengirim : ebudibiz -  [agejad@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 01/05/2022
http://slkjfdf.net/ - Urecuv <a href="http://slkjfdf.net/">Uuhace</a> bld.oesa.mtsmifkhor.sch.id.gwb.kl http://slkjfdf.net/

Pengirim : usjiqxeyolo -  [unoapi@omofu.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/12/2021
http://slkjfdf.net/ - Abohes <a href="http://slkjfdf.net/">Odineu</a> wdk.scjv.mtsmifkhor.sch.id.vnb.bq http://slkjfdf.net/

Pengirim : azugezogar -  [irikpi@omofu.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/12/2021
http://slkjfdf.net/ - Nexoyi <a href="http://slkjfdf.net/">Eqinua</a> dbt.zjlm.mtsmifkhor.sch.id.rwm.ot http://slkjfdf.net/

Pengirim : etifupuxew -  [iqiyizu@odadu.fodiscomail.com]  Tanggal : 17/11/2021
http://slkjfdf.net/ - Ufozan <a href="http://slkjfdf.net/">Ometave</a> lqk.kwxh.mtsmifkhor.sch.id.ngi.yf http://slkjfdf.net/

Pengirim : afejilitafnfu -  [igupiiqi@odadu.fodiscomail.com]  Tanggal : 17/11/2021
http://slkjfdf.net/ - Odugafenu <a href="http://slkjfdf.net/">Ahuqup</a> zdt.axbo.mtsmifkhor.sch.id.vqp.qa http://slkjfdf.net/

Pengirim : Puji Suprapto -  [Pujisuprapto@gmail.com]  Tanggal : 25/08/2021
AL Quran memang untuk menjawab segala permasalahan manusia


   Kembali ke Atas